engintip Instrumen MenyusunProgram CSR...
CSR engintip Instrumen MenyusunProgram CSR...
___________________________________________________________________________Kedatangan perusahaan pertambang di suatu daerah menimbulkan harapan yang tinggi bagi masyarakat.

Boleh jadi masyarakat berfantasi bahwa kehadiran perusahan itu akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Palingtidak dapat menyerap tenagakerja maupun ketersediaan infrastruktur yang dapat dimanfatkan olehnya. Harapan yang tinggi itu, bila tidak terealisasi, maka bukan tidak mungkin menjadi pemicu terjadinya konflik kepentingandari masing-masing pihak didaerah tersebut.

Oleh karena itu, perusahaan tambangperlu melakukan sosialisasi kepadamasyarakat setempat mengenai keberadaannyadi situ.

Di mana sebelumkegiatan Corporate Social Responsibility(CSR) dijalankan, terlebih dahulu dilakukanpenyuluhan terhadap masyarakatsetempat atas rencana kehadiran pemelakukananalisa kebutuhan komunitas (community need analysis). Nah, di sini letak permasalahan awal kegiatanCSR. Tak jarang kegiatan CSR hanyabersifat charity tanpa melalui analisa kebutuhan.Akibatnya kegiatan tersebut hanya serimonial tanpa menyentuh esensi kegiatan CSR. Padahal esensi kegiatan CSR adalahpembangunan berkelanjutan denganpendekatan 3P.Oleh karena itu, dalam melakukan analisakebutuhan harus diperhatikan agar memenuhi kebutuhan, bukan keinginan demi pemenuhan sesaat. Analisa harus dilakukan secara mendalam agar dapat menggali kebutuhan yang sesungguhnya, bukan berdasarkan keinginan perusahaan atau keinginan sekelompok tokoh masyarakat.

Program CSR disusun setelah dilakukanpengkajian dan penelitian akan kebutuhanmasyarakat di sekitar wilayah tambang.Penelitian dan pengkajian tersebut dapat dilakukan oleh perusahaan pertambang dengan melibatkan lembaga, universitas dan pemerintah daerah.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1036988
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT