API Ajukan Judicial Review Ekspor Mineral
NEWS API Ajukan Judicial Review Ekspor Mineral
foto: sahampemenang.blogspot.com___________________________________________________________________________Jakarta, 30 Desember 2013 - Asosiasi Pertambangan Indonesia (API) berencana mengajukan hak uji materil terhadap UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba ke Mahkamah Agung terkait kebijakan larangan ekspor bahan mineral mentah. Tujuan judicial review itu tidak lain adalah untuk mengetahui kepastian hukum atas kebijakan pelarangan tersebut.

"Ini yang selama ini diragukan. Dalam konteks ke MA, kami juga ikut karena kami sebagai sahabat pemerintah untuk terlibat dalam hal ini. Kami ingin tahu persis," kata Direktur Eksekutif API Syahril AB dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin (30/12/2013).

Dia menegaskan, bahwa rencana pihaknya tersebut bukan karena ingin melawan pemerintah, tetapi karena sebagai mitra pemerintah yang bertujuan untuk mencari kepastian hukum atas kebijakan tersebut.

"Tolong kami diundang sebagai industri, disamping itu, sektor terkait perlu diajak bicara," ujar dia.

Syahril mengatakan jika beberapa ketentuan yang terdapat di dalam UU Minerba tersebut ternyata terhambat atau tidak terwujud, seperti penyesuaian KK/PKP2B dalam 1 tahun, seperti yang tertuang pada amanat pasal 169 (B). Selain itu, renegosiasi penyesuaian KK/PKP2B dengan UU Minerba, seperti amanat pasal 171. Dan, pengolahan dan pemurnian mineral di dalam negeri, seperti amanat pasal 170, 103(1) dan pasal 1 butir 20.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1087915
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT