Capai Kesepakatan PKB, PUK SPKEP SPSI PT Freeport Harap Peningkatan Kesejahteraan
NEWS Capai Kesepakatan PKB, PUK SPKEP SPSI PT Freeport Harap Peningkatan Kesejahteraan

"Kami sangat termotivasi dengan adanya perkembangan ini, dimana pihak manajemen dan serikat pekerja telah berhasil menemukan kesepahaman mengenai solusi terbaik untuk kesejahteraan para pekerja dan kegiatan operasional PTFI", tutur Presiden Direktur PTFI Rozik B. Soetjipto di Jakarta, Selasa (22/10/13).
___________________________________________________________________________Jakarta, 22 Oktober 2013 - PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Pengurus Unit Kerja-Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SPKEP SPSI) PT FI mencapai kesepakatan bersama terkait dengan perundingan pembaruan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ke 18 untuk periode 2013-2015.

Keduanya telah menyepakati mayoritas aspek-aspek substansial dalam perundingan pembaharuan PKB kali ini juga menyangkut presentase peningkatan upah pokok para pekerja untuk periode 2013-2015. Tidak hanya itu, keduanya juga sepakat meningkatkan aspek pensiun dan beberapa aspek manfaat lainnya. Tim perunding kedua belah pihak saat ini sedang melanjutkan perundingan untuk melengkapi substansi lain yang belum terseleseikan serta melakukan pembahasan detail dimana keabsahannya adalah finalisasi PKB yang penandatanganannya akan dilangsungkan Oktober ini.

"Kami sangat termotivasi dengan adanya perkembangan ini, dimana pihak manajemen dan serikat pekerja telah berhasil menemukan kesepahaman mengenai solusi terbaik untuk kesejahteraan para pekerja dan kegiatan operasional PTFI," tutur Presiden Direktur PTFI Rozik B. Soetjipto di Jakarta, Selasa (22/10/13).

Ketua Serikat Pekerja PTFI, Sudiro mengungkapkan jika kesepakatan hal-hal substansi dalam perundingan PKB adalah cermin keterbukaan dan kemitraan antara pekerja dan pengusaha. Maka pihaknya menyambut baik hasil yang dicapai dalam negosiasi damai tanpa harus melalui mogok kerja.

"Kami pekerja memiliki komitmen "Perusahaan Jaya-Pekerja Sejahtera," semoga komitmen ini dapat diwujudkan sejak tercapainya kesepakatan dalam PKB ini, sehingga di masa yang akan datang ketika perusahaaan memperoleh keuntungan maka pekerja juga ikut menikmati hasil. Kami berharap perusahaam memliliki komitmen yang sama untuk menerapkan prinsip-prinsip kemitraan dan kesetaraan dalam memajukan perusahaan ini dengan meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya," terang Sudiro.

Di akhir pernyataannya, Rozik menuturkan jika kesepakatan dalam PKB adalah bagian penting yang mampu memperkuat kesatuan dan semangat kebersamaan dalam perusahaan. Hal ini menurutnya adalah faktor yang sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan perekonomian yang kini dihadapi industri pertambangan termasuk PTFI. Kesepatan tersebut akan segera dinikmati pekerja terhitung sejak periode pengupahan Oktober 2013.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073000
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT