DPR Minta Pemerintah Segera Tetapkan Sinabung Sebagai Bencana Nasional
NEWS DPR Minta Pemerintah Segera Tetapkan Sinabung Sebagai Bencana Nasional
___________________________________________________________________________Medan, 3 Mei 2015 - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Fahri Hamzah meminta supaya pemerintah menetapkan status bencana nasional dalam kasus erupsi Gunung Sinabung. Hal tersebut ia lihat berdasarkan kondisi yang masih saja berlangsung hingga saat ini.

"Sudah saatnya pemerintah menetapkan sebagai bencana nasional," kata Fahri Hamzah di Medan, kemarin. DPR kata dia juga mendorong pemerintah untuk segera mengabulkan proposal rekonstruksi Sinabung yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten, Tanah Karo, Sumatera Utara.

Jikapun nantinya pemerintah tidak juga menetapkan bencana erupsi Sinabung sebagai bencana nasional, maka sebaiknya proposal yang diajukan harus segera ditindaklanjuti. Dengan begitu, lanjut dia, pemerintah harus memberikan dukungan anggaran secara penuh. "DPR juga akan mendengar dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi, seperti apa bentuk proposal mereka," ujarnya.

DPR juga berencana akan memasukkan hal tersebut ke Anggaran Pendapatan Benlanja Negara (APBN) 2016, namun apabila pemerintah tidak belum juga menetapkan status Sinabung sebagai bencana nasional.

"Namun jika hal itu dilakukan, maka sama saja membuat daerah yag terdampak erupsi Sinabung kelabakan," ucapnya.

Tentunya menurut dia, Pemerintah Daerah tidak bisa begitu saja menanggung semua anggaran bencana di daerahnya dengan sendirinya. Karena itu, apabila pemerintah tidak menetapkannya sebagai bencana nasional, maka anggarannya harus diambilkan melalui APBN. "Selama ini, penanganan bencana tidak pernah tuntas. Selain itu, penanganan juga berlangsung secara sektoral," pungkasnya.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073207
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT