Deadline Hilirisasi Mineral Tahun 2014, Freeport : Kami Minta Dispensasi!
NEWS Deadline Hilirisasi Mineral Tahun 2014, Freeport : Kami Minta Dispensasi!
Foto : bloomberg___________________________________________________________________________Jakarta, 22 Oktober 2013 - PT Freeport Indonesia (PTFI) akan meminta dispensasi kepada pemerintah terkait deadline UU nomor 4 tahun 2009 tentang mineral dan batubara yang mewajibkan semua perusahaan mineral mengolah dan memurnikan ore di dalam negri.

Hal ini diungkapkan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Rozik B Sutjipto kepada media di Ritz Carlton Hotel. Ia mengungkapkan jika Freeport berkomitmen akan melakukan hilirisasi berupa bekerjasama dengan pihak ketiga, diantaranya PT Indosmelt dan PT Indovasi. Namun, smelter yang dibangun oleh kedua perusahaan tersebut baru bisa beroperasi pada tahun 2017.

"Kami coba sampaikan kepada pemerintah lewat Wakil Menteri ESDM (Susilo Siswoutomo) untuk diberikan dispensasi, karena kita sudah lakukan kerjasama dengan pihak ketiga seperti Indovasi, dan Indosmelter," ujar Rozik di Jakarta, Selasa (22/10/13).

Selain melakukan kerjasama untuk pemurnian, Rozik menjelaskan kini Freeport juga telah melakukan Feasibility Studies terkait pembangunan smelter. Akan tetapi, untuk studi tersebut, Freeport tidak akan melakukan pembangunan smelter, walau telah melakukan Feasibility Studies.

"Kita juga melakukan Feasibility Studies sendiri ada 3 lokasi yang kita pelajari, Jawa Timur ada 2, Gresik juga, itu hasilnya Januari dan akan kita lihat. Kami tidak bangun sendiri, itu semacam di Gresik, bisa ada pihak ketiga yang tertarik bangun smelter. Itu yang kita belum tau nantinya", ujarnya.

Lebih lanjut Rozik menjelaskan jika Feasibility Studies akan rampung akhir tahun atau bulan Januari dengan estimasi investasinya sekitar Rp 1,2-1,5 miliar per 1 smelter dengan kapasitas seperti di Gresik.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1035041
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT