Dirut Newmont : UU Minerba Tidak Memaksa Membangun Smelter!
NEWS Dirut Newmont : UU Minerba Tidak Memaksa Membangun Smelter!
Saya ingin tanya memang ada klausul yang menyebutkan bahwa perusahaan tambang harus membangun smelter, kan tidak ada yang ada hanya melakukan pengolahan pemurnian didalam negeri (foto tender-indonesia.com)___________________________________________________________________________Jakarta, 27 Agustus 2013 - Kewajiban mengolah dan memurnikan mineral di dalam negeri yang dimandatkan Pasal 170 Undang-undang tentang Mineral dan Batubara yang menyebutkan, pemegang kontrak karya (KK) yang sudah berproduksi wajib melakukan pemurnian selambat-lambatnya lima tahun sejak UU diberlakukan. Dimana saat UU Minerba diundangkan pada 12 Januari 2009, maka paling lambat 12 Januari 2014 menjadi batas waktu pembangunan industri pemurnian dan pengolahan mineral.

Namun sayangnya, salah satu perusahaan KK yaitu PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) menganggap jika UU Minerba tidak memaksa perusahaan tambang mineral untuk membangun smelternya.
Hal ini dikemukakan Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara, Martiono Hadianto seusai Halal Bihalal siang tadi.

"Saya ingin tanya memang ada klausul yang menyebutkan bahwa perusahaan tambang harus membangun smelter, kan tidak ada yang ada hanya melakukan pengolahan pemurnian didalam negeri," ujar Martiono di Hotel JW Marriot, Jakarta, pada Selasa (27/8/13).

Martiono menjelaskan, PT NNT sebagai perusahaan tambang tidak memiliki kompetensi untuk membangun smelter. Maka Newmont menganggap bahwa pembangunan smelter tidak ekonomis. Bahkan dirinya berpendapat bahwa konsentrat yang diproduksi oleh korporasinya sudah memenuhi syarat UU Minerba atau berbentuk produk tambang olahan, ia yakin Newmont masih akan boleh untuk mengeskpor konsentrat tembaga miliknya.

"Kami memproduksi konsentrat bukan ore, kalau konsentrat itu sudah diolah," tandasnya.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1037069
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT