Indonesia Impor Solar US$ 35 Miliar/Tahun
NEWS Indonesia Impor Solar US$ 35 Miliar/Tahun
Seiring dengan kebijakan untuk mengatasi defisit transaksi berjalan, maka impor tersebut harus dikurangi. (Foto: www.viva.co.id)___________________________________________________________________________Jakarta, 29 Agustus 2013 - Dalam setahun solar impor masuk ke dalam negeri sebesar 35 juta kiloliter (KL). Volume impor itu setara US$ 35 miliar untuk mendatangkan solar impor.

Hal itu diungkapkan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa kepada wartawan di Gedung BPPT, Jakarta. "17,5 juta kiloliter (KL) untuk subsidi, angka yang sama 17,5 juta KL juga sampai 18 juta KL non subsidi, artinya ada 35 juta KL solar kita impor. Itu sama dengan nilainya kalau dikalikan Rp 10.000 sama dengan US$ 35 miliar," ungkapnya.

Seiring dengan kebijakan untuk mengatasi defisit transaksi berjalan, maka impor tersebut harus dikurangi. Salah satunya dengan cara pengingkatan penggunaan biodiesel (biofuel). "Sekarang kita wajibkan untuk gunakan biofuel bersumber dari crude palm oil (cpo), kebetulan sekarang dan ke depan produksinya meningkat, di sisi yang lain market di luar turun," sebutnya.

Penggunaan biodiesel akan dinaikan menjadi 10% dari sebelumnya yang sebesar 7,5%. Hatta menilai ini juga akan membantu para petani lokal dalam pengembangan biodiesel. "Di samping melindungi pengusaha dan kebun rakyat kita agar mendapatkanpasar, di sisi lain dengan penerapan 10 persen inikita bisa kurangi impor, sebesar 3,5 juta kl atau USD3,5 miliar, ini kita rampungkan," pungkasnya.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1037050
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT