Indonesia Pelajari Shale-Gas dan Shale-Oil
NEWS Indonesia Pelajari Shale-Gas dan Shale-Oil
Untuk unconventional migas tersebut kita masih dalam tahap studi-studi awal. Belum tahap eksplorasi apalagi produksi
Foto :www.indomigas.com
___________________________________________________________________________Jakarta, 21 November 2013 - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan keikutsertaannya dalam pengembangan energi unconventional jenis shale-gas dan shale-oil. Saat ini, rencana tersebut masih dalam studi-studi awal.

Diungkapkan Sekretaris SKK Migas, Gde Pradnyana, langkah ini diambil demi mengantisipasi kebutuhan energi di masa yang akan datang. Pihaknya sadar akan perlunya mencari energi lain, salah satunya caranya adalah mengembangkan energi unconventional tersebut. Saat ini, energi unconventional jenis shale-gas dan shale-oil masih dalam tahap studi awal.

"Untuk unconventional migas tersebut kita masih dalam tahap studi-studi awal. Belum tahap eksplorasi apalagi produksi," ujar Gde di Jakarta, Kamis (21/11/13).

Ia meyakini, suatu saat Indonesia juga bisa mengembangkan dua jenis energi unconventional tersebut. Sedangkan untuk energi unconventional yang dikembang di Indonesia, baru sejenis gas-metana-batubara (coal bed methane/CBM), dan saat ini pengembangannya masih dalam tahap eksplorasi.

Cadangan shale-gas di Indonesia pun, sebelumnya diprediksi mencapai 574 triliun standar kaki kubik (TSCF). Sedangkan untuk cadangan shale-oil, masih dalam studi/pencarian. Sedangkan untuk cadangan CBM di Indonesia, diprediksi mencapai 400-453 TSCF.

Sebagaimana diketahui, setelah berhasil mengembangankan energi unconventional terutama untuk shale-gas. Amerika Serikat tengah mengembangkan shale-oil, dengan pengembangan shale-oil tersebut, Amerika diprediksi akan menjadi top produsen minyak pada 2015.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073238
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT