Jalur Pipa Lapangan Limau Kembali Normal
NEWS Jalur Pipa Lapangan Limau Kembali Normal
Foto : sindikasinet___________________________________________________________________________Jakarta, 20 September 2013 - Penyadapan ilegal minyak mentah di jalur pipa daerah Limau (Lapangan Limau), Sumatera Selatan kini telah teratasi dan kembali normal, hal ini diungkapkan Presiden Direktur Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) Syamsu Alam .

"Telah terjadi ilegal tapping di daerah Limau. Pipa sudah diperbaiki dan operasi sudah berjalan normal kembali. Saat ini kawan-kawan sedang mengatasi tumpahan minyak akibat perbuatan ilegal tersebut," ujar Syamsu di Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Syamsu menegaskan, pengamanan jangka panjang aset di seluruh lapangan Pertamina EP akan terus ditingkatkan bekerjasama dengan Polri dan TNI. Sebelumnya, peristiwa serupa juga terjadi di jalur distribusi minyak mentah melalui pipa Tempino, Jambi menuju Plaju, Sumatera Selatan. Namun, pipa distribusi minyak mentah itu sudah bisa dilakukan pada akhir Agustus kemarin. Aksi penjarahan sudah bisa diredam setelah aparat TNI dan Polri turun tangan mengatasi hal tersebut.

Ia menjelaskan, di sepanjang jalur Tempino-Plaju terdapat sekitar 300 kilang liar. Operasi yang dilakukan oleh TNI-Polri sendiri sudah menumpas sebagian besar kilang tersebut dan diharapkan seluruh kilang liar itu akan ditertibkan.

Sebelumnya Asisten Manager Security Pertamina EP Aset II Wilayah Prabumulih, Pendopo, Adera dan Limau, Juing Kikuh Riyanto, menuturkan, selama satu triwulan pihak PT Pertamina EP Aset II kehilangan 31 barel minyak mentah. Hal ini banyak terjadi, di sejumlah lapangan rawan seperti Lubai dan Abab. “Untuk itu, pihak kami meminta kerja sama dengan Polres Muaraenim untuk mengatasi masalah ini. Pihak kami siap membantu dalam penyediaan sarana dan prasarana serta halhal yang menjadi hambatan lainnya,” ungkap Juing.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073315
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT