Jero Wacik : Kami Beri Kesempatan Bagi BUMD dan Swasta Kelola Siak
NEWS Jero Wacik : Kami Beri Kesempatan Bagi BUMD dan Swasta Kelola Siak
foto : www.energitoday.com ___________________________________________________________________________Jakarta, 5 Desember 2013 - Pemerintah telah memutuskan untuk tidak memperpanjang pengelolaan Blok Siak kepada PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) per 27 November lalu dengan memberikan batas waktu enam bulan guna menstabilkan produksi minyak di blok itu. Hal ini juga sejalan atas usaha PT Pertamina (Persero) yang masuk ke blok itu dalam masa transisi. Atas keputusan ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memberi kesempatan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan sektor swasta untuk masuk dalam Participating Interest (PI) di Blok Siak, Riau.

"Yang Siak sudah diberikan ke Pertamina. BUMD atau pun sektor swasta juga diperkenankan untuk masuk melalui mekanisme business to business," ucap Wacik di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Wacik mengharapkan adanya pembahasan mekanisme pembagian PI tidak berdampak pada penurunan produksi minyak di Blok Siak. Namun jika Pertamina menginginkan dan memiliki kapasitas untuk mengelola blok itu secara mandiri, hal itu juga tidak menjadi masalah.

"Ya kalau mau sendiri dan sanggup ya dipersilakan. Jika memang BUMD dan sektor swasta ingin masuk tinggal ajukan langsung ke Pertamina," kata Wacik.

Selain Blok Siak, Blok Kampar yang kini telah habis masa kontraknya oleh Medco E&P Indonesie kini juga diserahkan ke Pertamina. Mengenai keinginan BUMD dan sektor swasta masuk dalam PI di Blok itu menjadi skema bisnis dengan perusahaan pelat merah di sektor migas itu. (Aini)
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1087877
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT