KESDM Dorong LCGC Gunakan Bahab Bakar Gas
NEWS KESDM Dorong LCGC Gunakan Bahab Bakar Gas
Foto : koran-jakarta___________________________________________________________________________Jakarta, 24 September 2013 - Mengingat di Jakarta telah tersedia 5 unit SPBG permanen dan 2 unit SPBG mobile milik PT Perusahaan Gas Negera (PGN) dan satu lagi milik PT Pertamina, dengan pasokan volume gas sebesar 35 MMMSCFD dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Maka Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong produsen dan pabrikan mobil murah, Low Cost Green Car (LCGC) agar menggunakan bahan bakar gas.
Hal ini diungkapkan juru bicara Kementerian ESDM Saleh Abdurrahman, ia menjelaskan jika program mobil murah LCGC tidak ada jaminan untuk menggunakan BBM non subsidi, karena LCGC menggunakan mesin dibawah 1000 CC. Sementara ada aturan tekhnis soal pembatasan dan monitoring dengan mesin dibawah 1000 CC, yang masih boleh menggunakan BBM bersubsidi sehingga konsumsi BBM bersubsidi akan meningkat.

Saleh juga mengatakan, bukan hanya kendaraan pribadi seperti mobil murah LCGC, bahkan seluruh transportasi bakal diproyeksikan menggunakan gas, karena dinilai lebih ekonomis dengan harga gas yang masih sekitar 3.500 perliter setara minyak premium.

"Jadi penggunaan gas itu ditingkatkan untuk seluruh kendaraan trmasuk untuk LCGC, kalau transportasi publik jelas, karena mereka harus ekonomis dan gas bisa, dan kita punya gas itu lah, dan kita tidak spesifik menyebutnya tapi kita ingin trasnportasi publik dan pribadi ini di subtitusi dari BBM ke biodiesel dan gas, inilah kebijakan dan pilihan yang harus di ambil," kata dia di Jakarta, Senin sore (23/9/2013).

Sebelumnya Menteri Perekonomin Hatta Radjasa meminta LCGC wajib menggunakan bahan bakar non subsidi, bahkan salah satu produsen memplot bahwa garansi pembelian tidak akan dilayani, jika tetap menggunakan bahan bakar bersubsidi.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1087938
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT