KESDM Rangkul Finlandia Dalam Kerjasama Biomass
NEWS KESDM Rangkul Finlandia Dalam Kerjasama Biomass
Mentri ESDM Jero Wacik pidato dtemani Mentri Perekonomian Finlandia, Jan Vapaavouri.___________________________________________________________________________Jakarta, 25 OKtober 2013 - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menggandeng Finlandia untuk mendorong kaerjasama Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) jenis biomassa.

Dikatakan Mentri ESDM Jero Wacik, Finlandia memiliki 80% biomassa, juga dikenal dengan energi pembangkit listrik tenaga air (hydropower). Sementara Indonesia baru memulai energi terbarukan ini. Oleh karena itu pihaknya mendorong negara Finlandia agar para pengusahanya tidak ragu untuk melakukan investasi di Indonesia terlebih di bidang biomassa. Selain biomassa Wacik juga berharap Finlandia akan membantu dengan kerjasama di bidang industri pemurnian atau smelter.

"Kita punya banyak sekali energi, termasuk sampah. Kita dorong karena ini menarik sekali, ini harus ditumbuhkan. Sampah jadi problem, tapi kalau diolah dengan baik akan jadi sumber listrik yang bagus, kemmpuan smelter kita juga dorong itu. Saya minta pada pengusahanya agar jangan ragu kalau mau investasi di Indonesia, walau mau pemilu nggak usah nunggu, jalan juga negaranya", kata Wacik dalam pidatonya di kantor KESDM, Jumat (25/10/13).

Wacik juga menjelaskan jika kerjasama dengan Finlandia telah dimulai sejak tahun 2010 berupa bantuan teknis senilai 3 juta euro yang diberikan ke kementrian ESDM, dan akan habis pada tahun 2014.

"Kerjasama jangka pendek selama ini kami sudah terima bantuan selama 3 tahun berupa bantuan teknis sampai 2014 dan akan kita perbaharui. Pengusahanya pada agresif karena saya buka pintu lebar-labar, terutama biomass, yang saya pernah resmikan di Medan 2 kali 15 MW gunakan kulit sawit dan gergajian kayu jadi listrik", terangnya.

Jan Vapaavouri Mentri Perekonomian Finlandia merasa antusias dengan kerjasama dua negara ini. Ia mengaku senang telah ada perubahan paradigma di Indonesia tentang penggunaan energi terbarukan. Meskipun Finlandia dan Indonesia sangat berbeda, namun di beberapa bidang ada kesamaan seperti biomassa.

"Finlandia negara yang terkemuka dalam pemakaian biomassa dengan cara terbarukan, saya senang di Indonesia sudah ada penggantian paradigma supaya ada dorongan ke EBTKE. Kami sudah bahas kemungkinan kerjasama lebih lanjut karena Finlandia sudah puluhan tahun pakai biomassa, dan sudah menciptakan teknologi paling canggih di dunia untuk biomass", kata Jan Vapaavouri.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1087940
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT