Kementerian ESDM Serahkan Pembangunan 3 Kilang ke Pertamina
NEWS Kementerian ESDM Serahkan Pembangunan 3 Kilang ke Pertamina
Saat ini Kementerian Keuangan sudah membentuk tim evaluasi kinerja dengan tugas melakukan work and plane (W&P) (Foto: antara)___________________________________________________________________________Jakarta, 8 November 2013 - Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo menegaskan jika pemerintah melalui Kementerian ESDM menyerahkan sepenuhnya kepada PT Pertamina (Persero) untuk melakukan Fisibility Study (FS) dan Desain Engenering (DE) untuk 3 pembangunan kilang minyak mentah. Yaitu di antaranya 2 kilang melibatkan investor swasta, sementara 1 pembangunan kilang lainnya murni dikelola oleh PT Pertamina (Persero).

Susilo menjelaskan, Fisibility Study (FS) dan Desain Engginering (DE) murni menggunakan dana APBN, dimana hasil dari kajian tersebut menjadi data atau informasi awal bagi PT Pertamina (Persero) untuk menawarkan investasi dari berbagai pihak.

Namun, sampai saat ini baru 2 perusahaan swasta asal Timur Tengah yang berkeinginan membangun kilang. Hal ini karena kurang insentif perpajakan.

“Siapa bilang pakai dana swasta, tidak lah itu kan masih pakai APBN, namun kita serahkan kepada Pertamina untuk mereka mencari patner kerja,” kata Susilo seusai sholat Jumat di kantor KESDM, Jakarta, (8/11/13).

Ia menjelaskan, saat ini Kementerian Keuangan sudah membentuk tim evaluasi kinerja dengan tugas melakukan work and plane (W&P) setelah itu, Pertamina akan melakukan tender pathner kerja yang dimulai tahun depan.

“Dana APBN itu sudah dikeluarkan untuk melakukan FS dan DE, kemudian tim menentukan lokasinya, sementara untuk pembiayaan itu pasti sistem multiyears, atau pembiayaan berjangka,”tuturnya.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1035083
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT