PLN Akan Luncurkan Voucher Isi Ulang Mobil Listrik
NEWS PLN Akan Luncurkan Voucher Isi Ulang Mobil Listrik
PT PLN (Persero) berencana akan menjual voucher isi ulang untuk pengisian mobil juga sepeda motor listrik. Dimana nantinya mobil atau sepeda motor listrik tidak perlu membayar tunai saat melakukan penambahan energi listrik di stasiun pengisian ulang. (Dirut PT. PLN, Nur Pamudji, foto : doc.borneomagazine.com)___________________________________________________________________________Jakarta, 9 Oktober 2013 - Pada awal tahun 2013 kemarin, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radasa, menegaskan jika pemerintah akan membentuk pusat pengembangan teknologi dan industri otomotif untuk mendorong 10.000 produksi mobil listrik nasional pada tahun 2014 mendatang. Selain itu, pemerintah juga berencana membangun pusat pengembangan teknologi dan industri otomotif berbasis green car demi menekan penggunaan BBM di dalam negri.

Atas inisiatif inilah PT PLN (Persero) berencana akan menjual voucher isi ulang untuk pengisian mobil juga sepeda motor listrik. Dimana nantinya mobil atau sepeda motor listrik tidak perlu membayar tunai saat melakukan penambahan energi listrik di stasiun pengisian ulang.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PLN Nur Pamudji, ia mengatakan dalam mensupport wacana ini maka setiap kendaraan akan dilengkapi fasilitas meteran listrik pra-bayar khusus.

"Kendaraan listrik, mobil listrik akan jadi pelanggan baru PLN. Akan ada meteran listrik. Beli voucher dia punya hak beli. Sekian puluh kwh kalau ketemu tempat charging meter prabayar akan menghitung berapa yang masuk. Berapa yang masuk, dia nggak perlu bayar," ucap Direktur Utama PLN Nur Pamudji pada pembukaan acara KNIFE 2013 di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Pamudji mengungkapkan, di negara maju, sistem pengisian listrik tanpa cash bagi mobil listrik telah berkembang. Dan kendaraan cukup melakukan pengisian tanpa harus menggunakan uang tunai. Ia menegaskan, untuk ke depannya PLN senantiasa mendorong supaya ada standarisasi terhadap infrastruktur pengisian bahan bakar untuk mobil listrik.

"Yang populer Tesla di Amerika. Semua pembayaran non cash. Kita membawanya ke Indonesia. Mobil listrik akan jadi pelanggan PLN yang bergerak. Standarisiasi charger, kita juga perlu tentukan. Kita dibanjiri produk luar, kita ditentukan oleh luar. Kita ingin adopsi yang ada ditempat", paparnya.

Untuk membiasakan masyarakat dengan kendaraan listrik ini, PLN siap menampilkan berbagai contoh mobil dan sepeda motor listrik sebagai dalam bentuk edukasi. "Tema mobil listrik penting. Kemristek angkat ini sebagai tema unggulan untuk perbaiki sistem energi nasional agar transportasi bisa dijalankan dengan listrik," pungkas Pamudji.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah sedang menyiapkan program mobil listrik nasional. Dikutip dari beritasatu.com, saat ini perguruan tinggi, lembaga penelitian, BUMN, dan swasta diminta bekerja sama mendukung program ini. Alasan pemerintah menjalankan program mobil listrik adalah mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) yang semakin tahun semakin tipis persediaannya.

Sedangkan untuk menghitung efisiensi energi mobil listrik, memang harus menghitung secara keseluruhan, mulai dari energi keluar dari sumur minyak atau gas sampai menjadi energi gerak di roda mobil. Efisiensi mesin mobil konvensional biasanya 15-20 persen. Jika kita perhitungkan energi yang hilang di kilang minyak, sepanjang distribusi, dan sistem transmisi mobil, efisiensi totalnya 12-17 persen.

Sebaliknya, pada mobil listrik, yang efisiensinya rendah adalah pembangkit listriknya. Dengan menggunakan pembangkit listrik berbasis gas dan uap, efisiensi bisa 50-60 persen. Dengan memperhitungkan energi yang hilang di saluran transmisi, distribusi listrik, dan motor listrik, efisiensi keseluruhan mobil listrik bisa 21-29 persen. Jadi, efisiensi total mobil listrik dua kali efisiensi mobil konvensional.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1035071
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT