PT PLN Tandatangani Perjanjian Penyaluran dan Pengambilan Tenaga Listrik Dengan Kontraktor KKS Tangguh
NEWS PT PLN Tandatangani  Perjanjian Penyaluran dan Pengambilan Tenaga Listrik Dengan Kontraktor KKS Tangguh
www.panoramio.com___________________________________________________________________________(Jakarta, 3 Desember 2013). PT PLN (Persero) telah menandatangani Perjanjian Penyaluran dan Pengambilan Tenaga Listrik dengan Kontraktor KKS Tangguh yang diwakili oleh BP Berau Ltd., selaku operator dari proyek LNG Tangguh. Penandatangan perjanjian ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji bersama BP Regional President Asia Pacific, William Li, pada hari Selasa, 3 Desember 2013, di PLN Kantor Pusat Jakarta.
Dalam perjanjian yang disepakati kedua pihak ini, pada tahap awal, BP Tangguh akan mengirim energi listrik sebesar 4 MW namun disiapkan 8 MW tergantung kebutuhan listrik di daerah Bintuni Utara dan Bintuni Selatan, Papua. Listrik dari BP Tangguh ini dialirkan melalui jaringan listrik kabel bawah laut sepanjang 30 kilo meter yang kemudian dialirkan ke jaringan listrik kabel darat milik PLN untuk disalurkan ke pelanggan.
“Kabel laut sudah terpasang semua, diharapkan tanggal 5 Desember ini sudah commissioning. Paling lambat 15 Desember listrik sudah mengalir ke Bintuni”, ujar Kepala Divisi Gas Dan BBM PLN, Suryadi Mardjoeki yang menyaksikan acara penandatanganan ini.
Dana sebesar Rp 235 Milyar dikeluarkan PLN khusus untuk membangun kabel listrik bawah laut dan jaringan distribusi listriknya. PLN membeli listrik dari BP Tangguh sebesar Rp 450 per kWh dengan eskalasi 2% per tahun, sehingga biaya pokok produksi listrik untuk menerangi daerah sekitar Bintuni tidak lebih dari Rp 625 per kwh. Harga ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya pokok produksi listrik di Papua sebesar Rp 3.200 per kWh.
Penandatangan perjanjian hari ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara PLN dengan Kontraktor Tangguh tentang pasokan gas dari proyek Tangguh baik berupa LNG dan/atau gas bumi untuk keperluan pembangkit listrik dan mengambil pasokan tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan di Teluk Bintuni dan daerah sekitarnya, Papua Barat, yang telah ditandatangani pada tanggal 24 Mei, 2012 di Kementerian ESDM, Jakarta.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1087893
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT