Rupiah Diperkirakan Menguat
NEWS Rupiah Diperkirakan Menguat
___________________________________________________________________________Jakarta, 3 Maret 2015 – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan akan semakin menguat ke depannya, atau melemah sekitar 3-5 persen dari asumsi dalam APBN-P tahun 2015 sebesar Rp 12.500. Hal tersebut dikatakan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo beberapa waktu lalu.

Menurutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, seperti faktor eksternal sampai faktor internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah tersebut, kata Agus, yakni perkembangan dunia, normalisasi moneter bank sentral AS, serta besarnya valuta asing yang terjadi akhir bulan.

Sedangkan dari sisi internal, lanjut mantan Menteri Keuangan ini, adalah adanya penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yang menunjukkan implementasi konsisten terhadap kebijakan yang diambil.

“Mengenai rupiah saya sampaikan bahwa persetujuan asumsi nilai rupiah antara pemerintah dan DPR Rp 12.500 per dolar AS,” kata Agus Martowardojo.

“Rupiah kini yang sudah menujur Rp 13.000 per dolar AS secara umum kondisinya masih kuat dibanding mata uang negara-negara berkembang lainnya,” sambungnya. Ia pun mengakui jika pada akhir bulan, nilai rupiah dibanding negara Asean memang relatif tertekan lantaran faktor musiman, yakni permintaan valas yang cukup tinggi.

Sementara itu menurut data kurs tengah Bank Indonesia, nilai tukar rupiah pada awal pekan ini berada pada level Rp 12.993 per dolar AS. wishnu

headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073246
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT