Satu Tenda Satu KK Untuk Pengungsi Sinabung
NEWS Satu Tenda Satu KK Untuk Pengungsi Sinabung
___________________________________________________________________________Sumut, 10 Juli 2015 - Sebanyak 287 KK pengungsi Sinabung di Posko Desa Tanjung Mbelang sejak Kamis (9/7/2015) telah dipindahkan ke Kampung Siaga Bencana Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) di Gudang Konco Desa Jandi Meriah Terong Peren, Kecamatan Tiga Nderket. Ditempat pengungsian baru itu pengungsi akan menempati tenda. Satu kepala keluarga akan menempati satu tenda.

Dalam keterangannya Jumat (10/7/2015) Ketua DPD Pospera Sumut Liston Hutajulu menyampaikan mereka menyediakan 300 tenda ukuran 4x6 terbuat dari terpal. Itu semua diperuntukkan bagi pengungsi.

"Satu tenda itu kapasitasnya bisa 14 orang. Tapi kita kasih satu tenda untuk satu KK," jelas Liston Hutajulu.

Selama ini kondisi psikologis pengungsi menurut Liston sangat terganggu dipengungsian. Mereka tidur di lost bersama-sama dan tidak memiliki privasi. Dengan diberikannya satu tenda untuk satu KK, ia yakin psikologi pengungsi akan semakin baik.

"Kita maunya pengungsi tetap punya privasi meski berada dipengungsian," ujar Liston.

Sampai saat ini mereka baru memasang 31 tenda du Gudang Konco. Sementara stok tenda mereka masih banyak. Liston berharap lahan untuk tenda segera disiapkan agar pengungsi yang lain segera menempati tenda. Mereka berharap agar pihak BPBD Kabupaten Karo bisa menyediakan lahan di dekat Gudang Konco.

Sebenarnya ada banyak lahan yang bisa ditempati dan didirikan tenda. Namun kendalanya di lahan itu tidak ada sumber air bersih seperti sumur bor dan jaringan listrik.

Saat ini sebagian besar pengungsi yang pindah dari Tanjung Mbelang masih tidur di gudang jeruk yang berada diareal yang sama.

Salah seorang pengungsi Abdi Kacaribu (47) berharap agar tenda-tenda yang ada segera dipasang. Diakuinya tidur di tenda pasti lebih nyaman.

"Kami mau tinggal di tenda. Dari pada tidur rame-rame. Kalau bisa cepatlah dipasang tendanya," ungkap Abdi Kacaribu.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073320
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT