Sutan Bhatoegana: Perusahaan KK Siap Ditutup Jika Renegosiasi Tidak Tuntas Tahun Ini!
NEWS Sutan Bhatoegana: Perusahaan KK Siap Ditutup Jika Renegosiasi Tidak Tuntas Tahun Ini!
___________________________________________________________________________Jakarta, 13 Agustus 2013 - Menanggapi pernyataan sejumlah anggota Komisi VII DPR RI yang mengklaim tegas jika renegosiasi melebihi tahun 2013, maka perusahaan Kontrak Karya berstatus illegal karena dinilai melanggar Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara. Yang telah dinyatakan jelas pada pasal 169 poin c, menjelaskan bahwa renegoasiasi kontrak karya harus dilaksanakan pada tahun 2010 (1 tahun setelah UU terbit-red) dan bukan hanya renegosiasi tapi penyesuaian kontrak. Dimana kontrak tersebut menjadi Ijin Usaha Pertambangan (IUP).

Ketua Komisi VII Sutan Bathoegana dengan tegas turut mengamini pernyataan para anggota Komisi VII, oleh karena itu pemerintah harus tahu dan bisa melihat situasi ini.

“Itu benar Komisi VII bilang ilegal, maka disampaikan pada pemerintah apa bisa melihat ini. Tapi pemerintah sampai saat ini melihat bahwa mereka sanggup katanya, kita lihat saja pastinya benar kata kawan-kawan Komisi VII”, tegasnya ketika dikonfirmasi seusai Halal Bihalal di kantor KESDM, Jakarta pada selasa (13/08/13).

Ia juga mengatakan jika renegosiasi KK jatuh tempo, maka perusahaan KK harus siap ditutup. Ini bukan perihal mudah menurutnya karena menyangkut implementasi UU Minerba, dan siapapun yang melanggar maka patut mendapatkan sanksi.

“Kalau jatuh tempo mereka harus tutup, ini tentang UU dan siapa yang melanggar UU akan kena sanksi kecuali ada klausul-klausul tertentu kita duduk bersama itu mungkin bisa, itu yang saya tanyakan tadi”, imbuhnya.

Sebelumnya anggota Komisi VII DPR RI turut menegaskan jika hingga akhir Desember 2013 renegosiasi kontrak karya dan PKP2B belum juga selesai. Maka pasca akhir tahun tidak hanya perusahaan kontrak karya (KK) yang dinyatakan ilegal tapi pemerintah juga ilegal dengan melakukan pembiaran pelanggaran terhadap UU Minerba nomor 4 tahun 2009.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1074515
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT