Wakil Ketua KPK Hanya Sebut Sprindik Untuk Jero Wacik Tidak Benar
NEWS Wakil Ketua KPK Hanya Sebut Sprindik Untuk Jero Wacik Tidak Benar
Dokumen Sprindik yang disebar ke sejumlah media dini hari kemarin, salah satunya Borneomagazine.com. Tidak hanya terpampang nama Mentri ESDM Jero Wacik, Sprindik tersebut juga ditandatangani Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.___________________________________________________________________________Jakarta, 6 Agustus 2013 - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah tersebarnya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) atas nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap di lingkungan SKK Migas yang beredar di kalangan media pada tengah malam kemarin.
Ditegaskan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, sebagai pejabat yang menandatangani Sprindik dan disebarkan ke kalangan media oleh pemilik akun email satgas mafia hukum itu adalah bentuk kebohongan yang tidak berdasar.

"Setahu saya itu tidak benar. Belum ada ekspose (gelar perkara) pasca penetapan tersangka SKK (Migas) lagi," kata Bambang saat dikonfirmasi wartawan pagi tadi, Jumat (6/09/13).

BW menjelaskan saat ini KPK masih fokus pada penyelidikan ketiga tersangka yang terjaring operasi tangkap tangan pertengahan bulan lalu. Ketiga tersangka itu adalah, mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, Simon Gunawan Tanjay (GM Kernel Oil) dan Deviardi alias Ardi, seorang pelatif golf.

"Penyidik masih konsentrasi pada pemeriksaan para tersangka SKK Migas," ujarnya.

Meskipun demikian, saat dikonfirmasi mengenai keaslian Sprindik tersebut ia enggan berkomentar. Bahkan ketika disinggung apakah KPK akan membentuk Komite Etik seperti halnya kebocoran dalam nota sprindik Anas Urbaningrum, ia tidak menjawabnya lagi.

Sebelumnya, Kamis (5/09/13) dinihari, pukul 23:06 WIB, beredar Sprindik terhadap Jero Wacik yang isinya memerintahkan penyidik KPK untuk melakukan penyidikan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara terkait proyek PT Kernel Oli Pte Ltd atau proyek-proyek lainnya yang diduga dilakukan oleh tersangka Jero Wacik selaku Mneteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Surat tersebut juga menjelaskan dasar peningkatan status hukum Jero Wacik merujuk pada Pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 Undang-Undang Republik Indonesia No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagai telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomo 21 Tahun 2002 tetntang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 99 tentang Pembernatasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam dokumen tersebut juga tertulis berupa perintah kepada empat orang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera bertugas melakukan penyidikan terhadap kasus suap SKK Migas.

Surat perintah tersebut berlaku sejak tanggal dikeluarkan di Jakarta, Agustus 2013 (tanpa tanggal). Surat perintah penyidikan (sprindiK) ditandatangani Wakil ketua KPK Bambang Widjojanto.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073719
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT