Wamen ESDM Dorong Peningkatan TKDN Di Sektor Migas
NEWS Wamen ESDM Dorong Peningkatan TKDN Di Sektor Migas
Foto : skkmigas.go.id___________________________________________________________________________Jakarta, 26 September 2013 - Dalam upaya menggalakkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada produk-produk eksplorasi di sektor migas, Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo meminta agar pemerintah mendorong para kontraktor migas luar negeri untuk memakai produk lokal. Bahkan dirinya mengklaim jika tingkat TKDN Indonesia telah mencapai 60% merupakan omong kosong saja.

"TKDN kita mencapai 60% itu dari mana? Itu cuma hitung-hitungan saja," ujarnya pada pembukaan Seminar Pemetaan Kebutuhan dan Peluang Riset pada Industri Migas Indonesia, Kamis (26/9/2013) di Gedung Lemigas, Jakarta Selatan,

Ia mengungkapkan jika selama ini negara telah mengeluarakan anggaran sekitar US$ 2 miliar per tahun untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam sektor migas.

"Anggaran ini kan harusnya dipakai untuk kepentingan eksplorasi kita. Masa 50 tahun kita beroperasi masih ada barang-barang impor. Masa pengeboran saja harus impor. Saya tidak rela ngebor pakai rig China," imbuhnya.

Sebenarnya, lanjut ia, banyak hasil penemuan dalam negeri yang bisa dimanfaatkan, namun sayang penemuan-penemuan tersebut dibeli oleh luar negeri untuk kemudian dimatikan. Maka penerapan TKDN pada sektor migas harus segera direaliasasikan mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan barang-barang tambang yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

"Penemuan yang dilakukan oleh mahasiswa dan lembaga penelitian ini kan bisa dipakai, kita paksa mereka untuk pakai itu, ini negar kita kok, ini uang kita kok, tetapi kita berpegang pada kualitas. Kita sudah beroperasi puluhan tahun, kita punya semua oil and gas disini. Kita ibaratnya punya rumah, pintunya dibuka lebar-lebar kemudia terlena. Makanya 10 tahun kedepan kita harus jadi tuan rmh dinegara sendiri", tandasnya.
headerrubrikasi
Subscribe Our Newsletter put your e-mail
advertisement
Copyright © 2012, PT. BORNEO BAROMETER MAGAZINE 99. All Right Reserved
cover 1
cover 2
cover 3
cover 21
cover 22
Visitor 1073298
cover edisitaurianwakeni2
Jasa Pembuatan Website By IKT